Jumat, 26 Oktober 2012

KOMUNIKASI INTRAPERSONAL



Nama           : Annida Putriga
Kelas            : 2PA11
NPM            : 10511945



Komunikasi intrapribadi atau Komunikasi intrapersonal adalah penggunaan bahasa atau pikiranyang terjadi di dalam diri komunikator sendiri antara self dengan God. Komunikasi intrapersonal merupakan keterlibatan internal secara aktif dari individu dalam pemrosesan simbolik dari pesan-pesan. Seorang individu menjadi pengirim sekaligus penerima pesan, memberikan umpan balik

bagi dirinya sendiri dalam proses internal yang berkelanjutan. Komunikasi intrapersonal dapat menjadi pemicu bentuk komunikasi yang lainnya. Pengetahuan mengenai diri pribadi melalui proses-proses psikologis seperti persepsi dan kesadaran (awareness) terjadi saat berlangsungnya komunikasi intrapribadi oleh komunikator. Untuk memahami apa yang terjadi ketika orang saling berkomunikasi, maka seseorang perlu untuk mengenal diri mereka sendiri dan orang lain. Karena pemahaman ini diperoleh melalui proses persepsi. Maka pada dasarnya letak persepsi adalah pada orang yang mempersepsikan, bukan pada suatu ungkapan ataupun obyek.

Aktivitas dari komunikasi intrapribadi yang kita lakukan sehari-hari dalam upaya memahami diri pribadi diantaranya adalah; berdo'a, bersyukur, instrospeksi diri dengan meninjau perbuatan kita dan reaksi hati nurani kita, mendayagunakan kehendak bebas, dan berimajinasi secara kreatif.

Pemahaman diri pribadi ini berkembang sejalan dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam hidup kita. Kita tidak terlahir dengan pemahaman akan siapa diri kita, tetapi prilaku kita selama ini memainkan peranan penting bagaimana kita membangun pemahaman diri pribadi ini.

Kesadaran pribadi (self awareness) memiliki beberapa elemen yang mengacu pada identitas spesifik dari individu (Fisher 1987:134). Elemen dari kesadaran diri adalah konsep diri, proses menghargai diri sendiri (self esteem), dan identitas diri kita yang berbeda beda (multiple selves).

Semua orang di muka bumi ini bisa dengan mudah mengatakan dan menyadari bahwa proses komunikasi merupakan sesuatu yang selalu menjadi bagian penting dalam kehidupan kita sehari hari. Di dalam kehidupan kita sehari-hari proses komunikasi ini dapat ditemukan dalam berbagai macam bentuk dan juga fungsi. Para ilmuwan komunikasi telah memilah-milah jenis komunikasi tersebut berdasarkan karakteristiknya. Ada komunikasi interpersonal, yaitu komunikasi yang terjadi antara satu individu dengan individu lainnya secara langsung, ada juga komunikasi kelompok yang terjadi antar sekumpulan orang, komunikasi organisasional yang terjadi dalam sebuah organisasi, dan yang paling besar tentu adalah komunikasi massa dimana yang menjadi target atau komunikan dalam jenis komunikasi ini terdiri dari banyak sekali orang yang anonim dan heterogen dan harus memanfaatkan suatu media massa. Semua jenis komunikasi ini ada dasarnya memiliki tiga tujuan dasar yang sama, antara lain untuk menginformasikan mengenai sesuatu, untuk menghibur, atau untuk mempengaruhi seseorang. Namun selain bentuk  bentuk komunikasi yang telah disebutkan di atas ada satu lagi jenis komunikasi yang memang lebih jarang dibahas dibanding bentuk bentuk di atas .Jenis komunikasi ini adalah komunikasi intrapersonal, yaitu komunikasi yang terjadi di dalam diri komunikator sendiri. Hal ini mencakup penggunaan bahasa atau pikiran di dalam diri kita,dimana diri kita sendiri aktif sebagai pengirim, pengolah, dan penerima pesan. Dengan kata lain hal ini memiliki makna sebagai suatu proses pengelolaan informasi di dalam diri kita. Proses yang terkandung dalam hal ini antara lain Sensasi (diterimanya rangsang oleh alat indera), Persepsi (memberikan makna terhadap sensasi tersebut), Memori (proses menyimpan dan memanggil kembali informasi dalam pikiran kita), dan berpikir (pengolahan informasi yang adadi dalam pikiran untuk memenuhi kebutuhan tertentu atau memberi respons).

10 komentar:

  1. komennya di tunggu yaaa teman-teman, maaf kalo kurang memuaskan :)

    BalasHapus
  2. sedikit saran aja, mungkin bisa diberi sub judulnya supaya enak dibaca :)

    BalasHapus
  3. wuih bagus jg nih artikelnya -) lanjutkan nidaaaaa!! hehe

    BalasHapus
  4. yaaa sena kenapa lumayan ? kenapa ? kenapa ? :D
    tapi makasi yaaaa;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maju terus... if u want to succes don't be lazy and you must be study hard beib.... #salamNU

      Hapus