Rabu, 21 Maret 2012

TUGAS SOFTSKILL

  • NAMA : ANNIDA PUTRIGA
  • NPM : 10511945
  • KELAS : 1PA07 

CARA MEMBUAT ONCOM
Untuk  membuat oncom, itu tidak terlalu sulit ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Bahan :
kacang tanah
ragi oncom
bambo
minyak tanah

Kacang tanah merupakan bahan baku utama produksi oncom. Bambu sebagai bahan sasak atau dasar/alas tempat meletakkan oncom, sedangkan minyak tanah/kayu bakar untuk proses penanakannya.
Proses pembuatan oncom pasireungit :
  1. Kacang tanah yang telah dibersihkan sebersih mungkin dimasukkan ke kampa, sejenis mesin penggilingan kacang tanah.
  2. Setelah itu, wujudnya menjadi bungkil mentah. Bungkil mentah tersebut lalu dicetak dengan mesin pres.
  3. Kadar minyaknya dipisahkan dan menjadi bungkil pres. Bungkil pres berbentuk lempengan bulat seperti lingkaran CD. Beratnya lebih kurang 1 kg per lempeng.
  4. Bungkil pres ini selanjutnya direndam dengan air yang sudah dimasak. Setelah 7 jam proses perendaman, bungkil pres yang sudah berubah jadi serbuk oncom tersebut dimasukkan ke dalam carangka.
  5. Serbuk oncom itu pada sekitar pukul 1.00 dini hari dikukus hingga masak, setelah itu dicetak berbentuk empat persegi panjang. Selama 12 jam potongan-potongan oncom tersebut ditutup atau diselimuti dengan karung setelah sebelumnya ditaburi ragi oncom secukupnya agar nantinya timbul jamur-jamur oncom. Setelah berjamur, potongan-potongan oncom diberi sasag yang terbuat dari bambu. Baru selanjutnya oncom siap dipasarkan.
Oncom dapat diolah menjadi penyedap serabi . dapat juga di kreasikan menjadi sebuah makanan yang lezat lainya . sebenarnya oncom itu sangat bermanfaat dan dapat di olah menjadi makanan yang lezat atau di campurkan ke dalam makanan. (bbg.016)

3 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. makasii yaaa atas informasinya sista ;)

      iyaaa itu lagu favorite saya ;)

      Hapus